Share This Post

BERITA UTAMA

Pidato Presiden Joko Widodo Pada Harkopnas ke 70 – Makassar

Pidato Presiden Joko Widodo Pada Harkopnas ke 70 – Makassar

Transkrip

 

Pidato Presiden Joko Widodo Pada Harkopnas ke 70 – Makassar

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh. Selamat sore salam sejahtera bagi kita semuanya Om Swastiastu, namo buddhaya, salam kebajikan.

Bapak Ibu dan saudara-saudara sekalian khususnya seluruh Insan masyarakat koperasi yang pada sore hari ini hadir di Makassar. Kita sudah mengalami banyak Kemajuan perekonomian kita tumbuh semakin baik dan semakin sehat daya saing investasi kita peringkatnya juga semakin baik, inflasi kita juga terjaga, kesenjangan ekonomi Indonesia yang diukur dengan gini ratio juga terus membaik di angka 0,394 dan pertumbuhan ekonomi negara kita pada Kuartal pertama kemarin berada pada angka 5,02%.

Kalau dibandingkan dengan Sulawesi Selatan yang tadi angkanya 7,4% ,pertumbuhan di Sulawesi Selatan jauh lebih baik dari pertumbuhan ekonomi nasional. Kalau dibandingkan lagi dengan kota Makassar, Pak Walikota menyampaikan pertumbuhan ekonomi 7,9%. Makassar jauh lebih baik dari pertumbuhan ekonomi nasional kita.

Yang saya lihat memang di Sulawesi Selatan di Makassar usaha-usaha kecil usaha menengah ini bergerak koperasi yang bergerak semuanya eksport baik komoditas-komoditas mete saya lihat produk-produk perikanan yang saya lihat dan kopi, Kakao yang diekspor dari Sulawesi Selatan betul-betul memberikan topangan pertumbuhan ekonomi yang baik pada pertumbuhan ekonomi nasional, namun sekali kita tidak boleh cepat berpuas diri.

Persaingan antar negara sangat sengit sekarang ini kompetisi antar negara sangat sengit sekarang ini, situasi global juga belum pulih, situasi internasional pertumbuhannya juga tidak mengalami perbaikan yang signifikan. Semua negara sekarang ini mengeluh karena pertumbuhan ekonominya turun. Kalau dibandingkan negara-negara G-20 Seperti yang saya hadiri kemarin di Jerman di Hamburg.

Negara kita Indonesia berada pada posisi peringkat ketiga yang terbaik, ini patut kita syukuri Alhamdulillah.

Tetapi sekali lagi Kita juga harus melihat kenyataan kenyataan yang lain, masalah kemiskinan masalah ketimpangan dan kesenjangan sosial ini menjadi pekerjaan rumah kita yang sangat berat yang harus kita hadapi bersama-sama. Oleh sebab itu kita harus gunakan segenap kekuatan segenap sumber daya yang kita miliki untuk mengatasi yang berkaitan dengan ketimpangan yang berkaitan dengan kemiskinan. Jangan sampai tenaga, kita pikiran kita ini habis untuk hal yang tidak produktif yang kita lihat sekarang ini kecenderungannya masuk kita ke framming itu.

Misalnya mencela sesama saudara sebangsa dan setanah air, memfitnah, membuat kabar bohong, saling mengejek, saling menyalahkan. saya kira kalau hal-hal tidak produktif seperti itu bisa kita tinggalkan saya meyakini insyaallah kita akan, ekonomi kita akan lebih baik lagi pertumbuhan ekonomi kita akan lebih baik lagi.

Sekarang kita masuk ke koperasi. Data yang saya peroleh sumbangan koperasi terhadap perekonomian Indonesia perekonomian negara kita disampaikan oleh Menteri Koperasi berada pada angka 3,9%, meskipun itu meningkat dua kali lipat dibanding dua setengah tahun yang lalu, tetapi coba kita bandingkan dengan negara lain berapa kontribusi koperasi terhadap perekonomian negaranya, di Perancis yaitu 18%, di Belanda kontribusinya 18% , di Selandia Baru kontribusinya 20%.

Sekali lagi di negara kita baru 3,9%, padahal kita setiap tahun selalu berteriak untuk menggerakkan koperasi sebagai soko guru perekonomian negara kita.

Inilah pekerjaan besar kita, pekerjaan besar kita ada disini. Agar kontribusi koperasi terhadap perekonomian nasional itu meningkat secara drastis. Saya titip satu, yang berkaitan dengan koperasi koperasi yang ada.

Saya melihat banyak koperasi yang baik yang bisa dijadikan model, yang bisa dijadikan contoh. Misalnya KUD Denbatas di Tabanan, Koperasi Kredit Credit Union Mandiri, Koperasi Kospin Jasa. Yang saya tanya tadi kepada Menteri perputarannya sudah 5 triliun sampai saat ini. Kemudian koperasi Sidogiri di Jawa Timur perputarannya sudah 18 triliun sampai saat ini. Ini Koperasi, ada contoh-contoh yang bisa kita lihat.

Oleh sebab itu saya titip kepada Menteri Koperasi kepada ketua Dekopin, contoh-contoh seperti yang harus kita replikasi kita fotokopi kita kopi kepada koperasi-koperasi yang lain bagaimana mereka bisa mencapai omset yang tinggi seperti itu, mencapai perputaran uang yang tinggi seperti itu.

Ajak koperasi koperasi yang lain untuk melihat contoh-contoh yang sudah betul, contoh-contoh yang sudah besar, koperasi-koperasi dengan perputaran uang yang triliun. Karena kalau korporasi-korporasi perusahaan besar itu bisa, koperasi mestinnya juga harus bisa. Kalau perusahaan swasta itu bisa, koperasi pastinya juga harus bisa melakukan hal yang sama. Ajak mereka untuk melihat yang sukses, koperasi yang sukses tadi yang saya sebut dan saya lihat masih ratusan ribuan lain contoh contoh yang saya kira bisa kita pakai untuk contoh-contoh keberhasilan koperasi mengelola usahanya, mengelola kreditnya, mengelola uangnya.

Karena kita sebetulnya memberikan kesempatan kepada koperasi untuk juga ikut menyalurkan Kredit Usaha Rakyat KUR yang dulunya, bunganya 22% sekarang dengan subsidi dari APBN, bunganya bisa kita tekan menjadi 9%. Insya Allah tahun depan akan kita tekan lagi menjadi 7%.

Oleh sebab itu pada hari Koperasi ke 70 ini di tahun 2017, saya ingin mengajak kepada seluruh pelaku koperasi Indonesia untuk meneguhkan, untuk mengelorokan kembali semangat gerakan koperasi, semangat reformasi koperasi.

Sehingga dengan perubahan-perubahan global yang begitu sangat pesatnya kita bisa mengikuti. Sehingga koperasi nantinya bisa berkompetisi bersaing dengan perusahaan swasta, dengan korporasi, dengan BUMN karena memang kesempatan memang ada didepan mata kita.

Semangat untuk menjadikan koperasi sebagai kekuatan bersama, kekuatan gotong royong yang mampu bersaing serta cepat beradaptasi dengan perkembangan zaman, perubahan zaman, perubahan global saat ini sangat cepat sekali, sangat cepat sekali.
Kalua kita mengikuti secara detail,dulu pembayaran dengan uang cash sekarang di negara kita pembayaran dengan kartu kredit. Tetapi di negara yang lain sudah berubah lagi dengan Paypal. Ada lagi sekarang yang paling baru dengan alipay tanpa kartu dengan handphone saja sudah bisa dipakai untuk pembayaran. Perubahan-perubahan seperti ini yang harus diikuti oleh insan-insan masyarakat koperasi. Sehingga kita tidak ditinggal oleh perubahan-perubahan yang ada.

Oleh sebab itu dibutuhkan kecepatan, dibutuhkan kegesitan, dibutuhkan inovasi. Karena sekarang ini bukan negara yang besar mengalahkan mengalahkan negara yang kecil, bukan. bukan negara yang kaya mengangkat negara yang miskin bukan, tetapi negara yang cepat akan mengalahkan negara yang lambat. Negara yang cepat akan mengalahkan negara yang lamban. Sebab itu kita harus bergerak cepat agar bisa berkompetisi dengan negara-negara yang lain.

Saya ingatkan agar penggerak penggerak koperasi Jangan pernah takut bersaing, Jangan pernah takut dengan kompetisi, dengan pelaku pelaku ekonomi lainnya. Saya menyakini kekuatan koperasi saat ini masih relevan dalam perekonomian Indonesia dan perekonomian global.

Hadirin sekalian yang saya hormati, kita semuanya ingin koperasi menjadi salah satu institusi ekonomi rakyat yang penting dalam menghadapi tantangan masa depan. Untuk itu koperasi harus diperkuat harus diberdayakan oleh kita semuanya.

Untuk itu pemerintah menempatkan koperasi sebagai institusi utama dalam pelaksanaan kebijakan pemerataan ekonomi dan dalam kebijakan reforma agraria, redistribusi lahan. Kita juga ingin menempatkan koperasi sebagai salah satu penerima yang dapat memanfaatkan konsesi-konsesi yang akan kita berikan dengan catatan memiliki kemampuan manajemen dalam pengelolaan konsesi konsesi lahan yang akan diberikan oleh pemerintah. Kalau bisa diberikan 10.000 hektar Kenapa tidak untuk koperasi, kalau bisa diberikan 100.000 hektar untuk koperasi Kenapa tidak kita berikan. Kalau perusahaan besar diberikan segede itu, mestinya koperasi juga bisa diberikan sebanyak itu. Tapi dengan catatan Jangan tepuk tangan dulu, bekerja dengan saya harus bisa memberikan sebuah Tawaran tawaran proposal yang memang bisa dikalkulasi dan dihitung dengan kalkulasi kalkulasi ekonomi.

Return on investmentnya berapa pasti harus dihitung, IRR nya berapa harus dihitung, tapi saya meyakini ada ribuan koperasi yang bisa menerima ini untuk mengelola konsesi konsesi lahan yang kita tawarkan. Ada 12,7 juta hektar yang kita Siapkan sekarang ini khusus untuk koperasi, untuk usaha menengah dan kecil, untuk pondok pesantren yang kita harapkan akan membangkitkan ekonomi rakyat kita.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan ada kesempatan yang baik ini. Saya ucapkan selamat hari koperasi yang ke 70 dan dengan mengucap Bismillahirrohmanirohim saya buka Kongres Koperasi Nasional tahun 2017.

Marilah kita bersama-sama memastikan koperasi memberikan manfaat nyata bagi kesejahteraan rakyat Indonesia,

terima kasih Wassalamualaikum Wr.Wb.

Share This Post

Leave a Reply

Lost Password

Register